Laman

Rabu, 18 April 2012

Manfaat Vitamin D dan Penyakit Kekurangan Vitamin D

Tahukah anda Alam diciptakan selaras dengan kebutuhannya, matahari yang sering kita keluhkan panas, dan terik ternyata menjadi sumber vitamin D bagi tubuh kita, Manfaat vitamin d tentu untuk kekuatan tulanda metabolisme tubuh, dan tak banyak yang sadar akan manfaat vitamin D ini yang berupa sinar matahari tak kalah pentingnya dengan aktifitas olah raga kita. Jadi serasa makan tanpa air, olah raga tanpa sinar matahari kurang lengkap.

vitamin d


Tak hanya manfaat, ternyata Penyakit yang ditimbulkan oleh kekurangan vitamin d ini sangat horor, penyakit penyakit yang sering kita dengar menyeramkan ternyata bisa bermula dari kekurangan vitamin D, Berikut beberapa penyakit yang ditimbulkan akibat kekurangan vitamin D.

1. Diabetes
Setelah sebelumnya saya posting tentang Efek Buruk Diabetes Bagi Wanita, Sebuah penelitian tahun 2011 lalu menemukan bahwa anak obesitas yang memiliki kadar vitamin D rendah lebih mungkin mengalami diabetes tipe 2 ketika dewasa. Sedangkan pada orang dewasa yang memiliki vitamin D kadar rendah, kemungkinannya terserang diabetes tipe 2 naik menjadi 57 persen.

2. Kanker
Sebuah penelitian yang dimuat dalam British Medical Journal menunjukkan orang yang dalam darahnya banyak terkandung vitamin D memiliki risiko 40 persen lebih rendah terserang kanker usus dibandingkan dengan orang yang memiliki vitamin dalam kadar rendah.

3. Multiple sclerosis
Para peneliti juga menyatakan ada hubungan antara kekurangan vitamin D dengan multiple sclerosis, peradangan yang terjadi pada otak dan sumsum tulang belakang. Multiple sclerosis paling banyak menyerang orang yang tinggal jauh dari khatulistiwa dan hanya sedikit terpapar sinar matahari.

4. Rheumatoid arthritis
Kekurangan vitamin D juga dikaitkan dengan rheumatoid arthritis atau radang sendi. Dalam sebuah penelitian yang dilakukan bulan Januari 2012 ini, di antara bayi-bayi yang meninggal mendadak, di 75 persen di antaranya ditemukan mengalami kekurangan vitamin D.

Oke kawan, mulai sekarang kita jangan lagi takut dengan sinar matahari, tentu sinar mathari yang baik adalah antara pukul 7.30 – 9.30, bukan berarti diluar itu tidak baik, sinar matahari di jam apapun tetap baik, tapi yang terbaik untuk konsumsi vitamin D adalah yang penulis sebutkan tadi. selamat hidup sehat kawan!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar