Laman

Rabu, 18 April 2012

Apa Itu Serangga Tomcat

Tomcat kini menjadi populer setelah banyaknya serangan semut yang mirip semut rangrang ini menyerbu pemukiman penduduk di wilayah surabaya dan meluas ke wilayah jawa tengah bahkan sampai ke depok. Seperti apakah Serangga satu ini? kenapa harus di waspadai?

serangga tomcat


Beberapa peneliti menyebutkan Tomcat sebenarnya bisa jadi lebih berbahaya dari bisa kobra, tetapi ada tetapinya. Sebenarnya kumbang ini tidak berbahaya, karena tidak menggigit atau menyengat. Tapi kumbang Tomcat kalau terganggu, atau secara tidak sengaja terpijit, akan mengeluarkan cairan yang bila kena kulit akan menyebabkan gejala memerah dan melepuh seperti terbakar (dermatitis). Oleh karena itu gejala ini populer disebut Paederus dermatitis.

Gejala ini muncul akibat cairan tubuh kumbang tadi mengandung zat yang disebut pederin yang bersifat racun. Ada yang menyebutkan bahwa pederin ini 15 kali lebih beracun daripada bisa kobra. Belakangan ini diketahui bahwa produksi pederin dalam tubuh kumbang tergantung pada keberadaan bakteri Pseudomonas sp. yang bersimbiosis dalam tubuh kumbang betina. Pederin bersirkulasi dalam darah kumbang, sehingga dapat terbawa sampai ke keturunannya (telur, larva, pupa, dan kumbang). Namun demikian, kumbang betina yang mengandung bakteri akan menghasilkan pederin lebih banyak dibandingkan kumbang yang dalam tubuhnya tidak ada bakteri simbion.

Kumbang Paederus fuscipes tergolong serangga predator yang makan pada serangga lain. Kumbang ini banyak dijumpai di sawah, dan merupakan musuh alami dari hama-hama padi. Pada siang hari kumbang Tomcat aktif berjalan cepat menyusuri rumpun padi untuk mencari mangsanya yang berupa hama-hama padi, termasuk hama wereng cokelat. Jadi sebetulnya kumbang tomcat ini atau Paederus fuscipes adalah serangga yang bermanfaat bagi petani karena membantu mengendalikan hama-hama padi.
Kumbang tomcat juga bisa ditemukan di pertanaman kedelai, jagung, kapas, tebu dan sejenisnya.

Namun tidak perlu terlalu takut dengan tomcat ini, karena serangga yang mudah berkembang biak ini tidak akan menggangu atau menyengat kita, biasanya serangga ini akan mengeluarkan cairan jika terganggu atau tergencet oleh kita dengan tanpa disengaja. Demikian penjelasan tentang Tomcat, semoga bermanfaat bagi anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar