Laman

Rabu, 18 April 2012

Android Siap Hadir di x86 pada Tahun 2012!

Impian untuk memiliki gadget dengan sistem operasi Android yang berjalan di platform x86 tampaknya akan segera menjadi kenyataan! Intel, salah satu produsen prosesor x86 terkemuka di dunia, telah mengumumkan bahwa sistem operasi Android 4.0 yang mampu berjalan di platform x86 sudah tersedia!



Android 4.0 untuk x86 ini merupakan upaya kerja sama Intel dan Google untuk menghasilkan pengalaman baru bagi pengguna Android. Kerjasama yang telah dimulai sejak bulan September 2011 yang lalu tersebut akhirnya mulai menunjukkan hasil dengan diumumkannya kesiapan platform baru bagi Android tersebut untuk tahun 2012.

Sistem operasi Android 4.0 yang disiapkan Intel tersebut menurut rencana akan disandingkan dengan prosesor Atom dalam produk smartphone dan tablet. Prosesor Atom tersebut, dengan kode Medfield, merupakan generasi Atom terbaru yang telah menggunakan proses produksi 32 nm, sehingga konsumsi dayanya akan semakin kecil dan cocok untuk digunakan pada perangkat mobile.



Intel tampaknya tidak sendirian dalam usaha membawa Android ke x86. Pesaing Intel di dunia x86, AMD, tampaknya juga sedang mengupayakan kehadiran Android di platform tersebut. Walaupun tidak secara langsung menjalin kerja sama dengan Google, AMD dikabarkan mendukung langsung upaya dari kelompok pecinta Android yang berusaha melakukan porting sistem operasi tersebut ke x86. Upaya yang dilakukan kelompok tersebut juga menunjukkan pertanda positif yang menjadi indikasi bahwa Android siap hadir di x86 di tahun 2012 mendatang!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar