Laman

Selasa, 17 April 2012

Tren Kejahatan Cyber 2012: Pemakai Perangkat Android Hati-hatilah










PARA pelaku kriminal di dunia maya (cyber) telah bekerja keras tahun lalu, dan terus meningkatkan kemampuannya tahun ini.

Seiring dengan maraknya menggunakan sistem operasi Android, para pembuat virus dan pembuat program jahat juga berupaya menembus sistem ini, mengakali untuk mendapatkan keuntungan darinya, atau sekadar mengganggu dan unjuk kemampuan.

Komputer tablet dan ponsel yang kini banyak memakai sistem operasi android, diminta waspada. “Dalam hal tren malware untuk 2012, tempat pertama malware adalah perangkat mobile,” kata Sebastian Bortnik, co-ordinator penelitian  pada perusahaan antivirus ESET di Amerika Latin.

“Pertumbuhan yang kuat di pangsa pasar untuk Android telah membuat platform ini fokus utama dari pengembang malware yang menargetkan perangkat mobile.”

Android malware bukan hanya  satu-satunya tren. Dari sistem operasi, Gartner memprediksi Windows 7 akan menjadi sistem operasi yang paling banyak digunakan oleh akhir tahun.

Itu berarti beberapa ancaman yang cenderung lebih “populer” pada tahun 2012, kata ESET.

Meski teknologi keamanan dalam sistem operasi seperti Windows 7 sudah lebih dipercanggih, penjahat cyber juga mengembangkan malware yang lebih kompleks untuk mengalahkan benteng keamanan itu.

Menurut ESET Penjahat cyber cenderung menggunakan saluran “tradisional” untuk penipuan dan malware, seperti email, instant messaging atau perangkat USB.

Mereka bukannya akan berubah, tapi masih saja merekayasa di jaringan sosial, seperti facebook, lalu hasil pencarian diracuni dengan teknik blackhat SEO, dan drive-by-downloads . Malware kemudian menginfeksi dan merusak jaringan.

‘Malware” adalah program komputer yang diciptakan dengan maksud dan tujuan utama mencari kelemahan software.

Umumnya Malware diciptakan untuk membobol atau merusak suatu software atau operating sistem.

Contoh dari malware adalah Virus, Worm, Wabbit, Keylogger, Browser Hijacker, Trojan Horse, Spyware, Backdoor, Dialer, Exploit dan rootkit . (DL/dms)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar